Anak Kost? Begini Tips Memilih Kontrakan yang Baik dan Benar

Jika anda tinggal jauh dengan keluarga untuk bersekolah ataupun bekerja, maka anda harus memilih tempat kost agar aktifitas anda menjadi mudah. Namun, anda harus memilih tempat kost yang tepat agar anda merasa betah . Banyak sekali hal yang harus anda perhatikan dalam memilih tempat tinggal yang tepat seperti lokasinya, ukuran kontrakan yang cocok untuk anak kos, fasilitas yang diberikan, dan masih banyak lagi.

kontrakan kostan tips

Tempat yang tepat dan nyaman akan membuat anda senang tinggal di kontrakan atau kostan anda. Jika anda sudah betah, tentunya anda tidak perlu pindah pindah tempat yang tentunya akan melelahkan anda. Jadi pastikan anda tidak salah memilih. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda memilih tempat kost atau kontrakan.

1. Lokasi strategis

Saat anda memilih kontrakan, pastikan lokasinya dekat dengan kampus atau tempat kerja anda, ini juga fakta bahwa tidak semua yang mengontrak itu tidak berduit. Selain itu, perhatikan juga fasilitas umum yang ada disekitarnya seperti pasar, mini market, atau tempat makan. Jangan sampai anda harus berjalan jauh hanya untuk membeli makanan atau cemilan. Selain itu, perhatikan ketersediaan fasilitas kesehatan di sekitarnya. Jangan sampai anda harus pergi jauh untuk mengunjungi dokter, puskesmas, atau rumah sakit. Ingat, mungkin tidak ada orang yang dapat mengantarkan anda ke dokter saat anda sakit. Jadi, jangan mempersulit diri dengan memilih kostan yang terpencil.

2. Keadaan lingkungan

Perhatikan sekeliling lokasi kostan atau kontrakan. Anda tentu tidak ingin tinggal di kontrakan dekat selokan yang rawan banjir bukan? Selain itu, anda juga haru mencari informasi mengenai kondisi keamanannya. Jika anda tinggal di kontrakan yang aman, and pun akan tenang meninggalkan barang atau kendaraan anda disana.

Karena masalah keamanan adalah hal yang sensitif, anda mungkin tidak akan mendapatkan jawaban yang jujur dari pemilik kontrakan. Karena itu, sempatkan diri untuk berbicara sekitar tentang kondisi lingkungannya. Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan informasi berharga seperti rekomendasi kontrakan yang bagus di lingkungan tersebut.

3. Perhatikan ukurannya
Tidak ada hal yang pasti tentang ukuran kontrakan yang cocok untuk anak kos. Anda tentukan sendiri seberapa besar ruangan atau rumah yang anda inginkan. Namun pada umumnya kamar dengan ukuran 2 X 2 meter adalah ukuran kontrakan yang cocok untuk anak kos yang tinggal sendirian. Tapi jika anda membawa banyak barang, ukuran kamar sebesar itu hanya akan membuatnya terlihat sempit. Jadi jika anda mencari informasi mengenai ukuran kontrakan yang cocok untuk anak kos, anda sendirilah yang menentukan jawabannya.

4. Sewa dengan harga sepantasnya

Saat memilih kostan atau kontrakan, pastikan harga sewa yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas yang akan anda dapatkan. Kostan premium dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi di dalam, internet, dan air conditioner akan memliliki harga sewa yang lebih mahal. Jadi jangan sampai anda menyewa kamar standar dengan harga kamar premium.

5. Cari kamar yang sehat

Kostan dan kontrakan yang terletak di daerah padat penduduk seringkali dibangun dengan memanfaatkan lahan yang sempit. Karena itu, tidak aneh, jika anda menemukan kamar atau kontrakan yang tiodak mendapatkan cahaya matahari sama sekali. Bahkan ada pula yang tidak memiliki sirkulasi udara yang jelek sehingga ruangan terasa lembab dan panas.

Jika anda tinggal ditempat seperti ini, anda beresiko membahayakan kesehatan anda sendiri. Inilah pentingnya untuk mendapatkan tempat tinggal yang sehat karena kiesehatan adalah aset anda yang paling berharga untuk dijaga.

Masih banyak hal lain yang harus anda perhatikan saat memilih tempat tinggal sementara anda. Karena itu, pastikan anda memilih kostan atau kontrakan yang dapat membantu aktifitas anda, sesuai dengan dompet anda, dan yang terpenting baik untuk kesehatan anda.

Jangan gunakan panduan ukuran kontrakan yang cocok untuk anak kos karena kebutuhan anda tidak terbatas pada hal itu saja. Jika anda menggunakan tips tips diatas dengan tepat,anda bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai keinginan anda. Selamat berburu dan selalu ingat pepatah lama “malu bertanya, sesat di jalan” jika anda sedang kebingungan.

Semoga sukses berburu kontrakannya, jangan lupa belajar yang rajin supaya sukses!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*