Apa Yang Anda Tahu Tentang Perumahan Bersubsidi? Ini Yang Harus Ketahui!

Untuk anda yang bosan mengontrak dan ingin memiliki rumah sendiri, kehadiran rumah bersubsidi tentunya menjadi kabar baik untuk mewujudkan keinginan anda. Tapi apa yang anda ketahui tentang perumahan bersubsidi? Berikut adalah beberapa hal yang harus anda pahami untuk bisa memiliki rumah bersubsidi ini.

Pada dasarnya rumah bersubsidi adalah rumah yang dibangun oleh developer yang bekerjasama dengan pemerintah. Program rumah bersubsidi ini ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah. Ada beberapa karakter yang perlu anda ketahui agar anda tidak tertipu oleh developer yang mengaku menyediakan rumah bersubsidi. Apa yang anda ketahui tentang perumahan bersubsid akan membantu anda mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan dan juga dana anda.

1. Ukuran rumah 27/72 dan 29/72

Rumah bersubsidi yang tersedia biasanya berukuran 27/72 dan 29/72. Namun harga yang ditawarkan bisa berbeda di setiap daerah. Tidak menutup kemungkinan pemerintah akan menyediakan rumah bersubsidi dengan ukuran yang lebih besar.

2. Desain yang tampak tidak terlalu kokoh

Rumah bersubsidi sebenarnya didesain agar strukturnya mudah dirubah dan direnovasi sesuai keinginan jika pemilik rumah sudah memiliki dana lebih. Karena itu, struktur bangunannya terlihat tidak terlalu kokoh. Tapi anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya karena pondasinya tetap dibuat dengan kuat dan aman.

3. Perhatikan fasiltas pendukung rumah

Saat anda hendak membeli rumah bersubsidi, jangan ragu untuk bertanya pada pihak developer mengenai fasilitas listrik dan air. Anda tentunya tidak ingin saat anda menempati rumah tersebut, listrik dan airnya tidak bisa digunakan.

4. Jangan takut inden

Sebenarnya rumah bersubsidi akan dipasarkan setelah bangunan berdiri. Namun jika anda mendapatkan rumah inden, anda tidak perlu takut, karena pembangunan rumah bersubsidi tergolong cepat dibandingkan rumah yang ditawarkan pihak pengembang mandiri.

5. Pembangunan jalan

Jika pembangunan rumah bersubsidi dilakukan dalam bentuk cluster, pembangunan sarana umum seperti jalan biasanya dilakukan belakangan setelah seluruh rumah selesai dibangun. Hal ini dilakukan agar jalan tidak rusak karena sering dilalui kendaraan proyek yang besar.

6. Garansi 100 hari

Sejak anda melakukan akad kredit, anda akan mendapatkan garansi selama 100 hari. Selama masa garnansi tersebut, anda dapat mengajukan klaim jika ada hal yang tidak sesuai dengan rumah anda. Karena itu, sebaiknya anda sering memeriksa lokasi pembangunan rumah agar anda tahu bagian mana saja yang membutuhkan perbaikan. Jika anda melakukan klaim setelah lewat 100 hari, anda tidak akan mendapatkan apapun selain melakukan perbaikan dengan uang anda sendiri.

7. Terlindung asuransi

Harga rumah subsidi yang telah anda sepakati sudah termasuk biaya perlindungan asuransi. Jadi jika pihak yang mengajukan KPR tiba tiba meninggal, maka asuransi akan menutup sisa tunggakan KPR almarhum.

8. Rumah subsidi hanya diotawarkan pengembang terpilih

Program rumah bersubsidi diadakan oleh pemerintah dengan bekerjasama dengan pengembang yang telah diseleksi oleh pemerintah sendiri. Jadi, jika anda mendapatkan tawaran rumah bersubsidi secara perseorangan atau dari pengembang yang tidak bekerja sama dengan pemerintah, sebaiknya jangan anda terima tawarannya. Hal ini untuk menghindari masalah di waktu yang akan datang yang mungkin akan mempersulit anda kelak.

9. Hindari rumah yang sudah jadi

Rumah bersubsidi sebenarnya masih dapat anda rumah sesuai keinginan anda selama masih dalam proses pembangunan. Anda tidak akan bisa meminta pengembang untuk memindahkan kamar mandi jika rumah sudah selesai dibangun.

Perbedaan perumnas dan rumah subsidi

Walaupun keduanya merupakan program pemerintah, namun terdapat perbedaan dari keduanya. Perumnas biasanya dibangun dengan modal yang rendah. Jadi dapat dipastikan rumah yang dibangun juga berkualitas rendah. Selain itu sarana umum yang dibangun pun terkesan asal asalan. Karena itu lingkungan perumnas terkesan kumuh.

Berbeda dengan rumah bersubsidi, anda akan mendapatkan rumah yang layak huni dengan kualitas yang lebih baik dari perumnas. Pada saat seluruh perumahan bersubsidi selesai dibangun, sarana prasarana umum pun akan dibangun dengan baik sehingga anda akan mendapatkan lingkungan perumahan yang asri setelah semuanya selesai.

Setelah membaca berbagai keunggulan yang dimiliki rumah bersubsidi, apa yang anda ketahui tentang perumahan bersubsidi sekarang tentunya dapat membantu anda memilih rumah bersubsidi yang tepat dengan keinginan anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*